Contoh RPS Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Jepang
Selamat malam, sahabat cerdas! Lama tak jumpa ya. Kali ini admin akan membagikan contoh RPS mata kuliah Pengajaran Bahasa Jepang. Mata kuliah ini merupakan sebuah pengantar awal yang sedehana untuk mahasiswa atau siapapun yang ingin mengajar bahasa Jepang. Check it out!!!
Contoh RPS Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Jepang
RPS MK. PENGAJARAN BAHASA JEPANG
(日本語教授法)
SEMESTER GENAP 2015/2016
NAMA
MATA KULIAH : PENGAJARAN BAHASA JEPANG
KODE
MATA KULIAH : SBJ 4044
SEMESTER :
6
SKS : 2 + 1 (PRAKTIKUM)
DOSEN
PENGAMPU : ISMATUL KHASANAH,
M.Ed., Ph.D.
EMAIL :
hasanah_rahendy@yahoo.co.jp
PHONE : 081-55-303030-2
1.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata
kuliah ini dirancang untuk memberikan dasar pengetahuan tentang teknik belajar
dan mengajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing, manajemen kelas, dan menyusun
rencana pengajaran bahasa Jepang, evaluasi hasil belajar, serta strategi
pengajaran yang tepat. Proses pembelajaran akan dilakukan dengan (1) proses
tatap muka 2 sks dan praktikum 1 sks. (2)
siswa diberikan tugas mandiri untuk membuat rencana pengajaran dengan topik
yang sudah ditentukan bersama lalu mempraktekkan mengajar di depan kelas buatan
dengan strategi yang tepat dimana rekan mahasiswa yang lain menjadi pembelajar.
(3) siswa latihan mengajar di depan kelas buatan dan dibimbing untuk
menganalisa masalah yang timbul yang mungkin muncul dalam proses pengajaran
dengan variasi permasalahan yang sengaja diciptakan untuk melatih daya analisa
dan memberikan solusi yang tepat. (4) siswa dilatih untuk mampu mengajar 4
bidang kemampuan berbahasa antara lain mendengar, berbicara, membaca, dan
menulis. 言語4技能
2. BAHAN KAJIAN
Teknik
dan pengajaran bahasa, pengajaran keterampilan berbahasa, evaluasi hasil
belajar, membuat bahan ajar, menilai hasil belajar.
3. PENILAIAN
Presensi
: 10%
Kuis : 15% 教案 (kyouan)
Tugas : 20% Presentasi
UTS : 25%
UAS :
30%
4. JADWAL PERKULIAHAN
NO
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
担当者
|
1
|
Selasa,
16 Feb 2016
|
Pengantar
Perkuliahan; Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Bahasa Jepang; Pembagian tugas
|
|
2
|
Selasa,
23 Feb 2016
|
文法1・会話1
|
Ivan
– Brian
|
3
|
Selasa,
1 Maret 2016
|
文法2・会話2
|
Axcel
– Ficky
|
4
|
Selasa,
8 Maret 2016
|
文法3・会話3
|
Inna
– Bintang
|
5
|
Selasa,
15 Maret 2016
|
文法4.会話4
|
Mai
- Taufiq
|
6
|
Selasa,
22 Maret 2016
|
文法5.会話5
|
Asiah
– Intan
|
7
|
Selasa,
29 Maret 2016
|
文法6・会話6
|
Yeni
– Sri
|
8
|
UTS
4 sd 15 Apr. 2016
|
||
9
|
Selasa,
19 Apr. 2016
|
文法7・会話7
|
Anita
- 1
|
10
|
Selasa,
26 Apr. 2016
|
文法8・会話8
|
2-3
|
11
|
Selasa,
3 Mei 2016
|
文法9・会話9
|
4-5
|
12
|
Selasa,
10 Mei 2016
|
文法10・会話10
|
Yang
perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
|
13
|
Selasa,
17 Mei 2016
|
文法11・会話11
|
Yang
perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
|
14
|
Selasa,
24 Mei 2016
|
文法12・会話12
|
Yang
perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
|
15
|
Selasa,
31 Mei 2016
|
文法13・会話13
|
Yang
perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
|
16
|
UAS
13 sd 24 Jun 2016
|
5.
BUKU AJAR/REFERENSI
Minna
no Nihongo 1
Minna
no Nihongo 2
Dasar-dasar metodologi Bahasa Jepang
『日本語教授法』
教案
Rencana
Pengajaran
担当教師 :Moh. Ridhouddin Y. 教科書名 :『みんなの日本語2』
科目名 :会話第31課 日日 :2016年3月29日
No
|
話題
|
導入
|
時間(~分)
|
1
|
第31課の文法の簡単な復習
|
Masuk
pada materi awal, yaitu mengulas kembali sedikit tentang tata bahasa bab 31,
yaitu tentang:
Contoh: 行きましょう→行こう、見ましょう→見よう、しましょう→しよう, dll.
行こうと思っています、見ようと思っています、しようと思っています, dll.
まだ出していません、まだ書いていません, dll.
ずっと日本に住むつもりです、 国へ帰らないつもりです, dll.
明日支店へ行く予定です、来週は出張の予定です, dll.
|
5分
|
2
|
例文
· 疲れたね。ちょっと休まない?
…うん、そうしよう。
· お正月は何をしますか。
…家族と温泉に行こうと思っています。
それはいいですね。
· レポートはもうできましたか。
…いいえ、まだ書いていま せん。金曜日までにまとめようと思っています。
· ハンス君は国へ帰っても、柔道を続けますか。
…はい、続けるつもりです。
· 夏休みは国へ帰らないんですか。
…ええ。大学院の試験を受け ますから、今年は帰らない
つもりです。
· 明日からニューヨークへ出張します。
…そうですか。いつ帰りますか。
来週の金曜日に帰る予定です。
|
Meminta
mahasiswa untuk membaca 例文 bersama – sama dari nomor 1 sampai 6 sambil
mengulas tata bahasa dan kosa kata yang ada untuk memantapkan pemahaman
mahasiswa tentang tata bahasa bab 31 yang telah
dipelajari sebelumnya dan melatih kemampuan berbicara mahasiswa.
|
10分
|
3
|
例文に関しての質問
|
Melemparkan
pertanyaan kepada mahasiswa tentang例文 yang telah
diulas bersama.
|
5分
|
4
|
会話 “ インターネットを始めようと思っています“
|
Membaca
bersama-sama contoh percakapan singkat berjudul “インターネットを始めようと思っています“ yang memuat materi utama tentang kata kerja bentuk kehendak (意向形) serta mengulas tata bahasa dan kosa kata yang ada
dalam percakapan tersebut untuk memantapkan pemahaman mahasiswa tentang tata bahasa bab 31 yang telah
dipelajari sebelumnya dan melatih kemampuan berbicara mahasiswa.
|
5分
|
5
|
会話 “ インターネットを始めようと思っています“ の 繰り返し 1
|
Mengulang
contoh percakapan singkat berjudul “インターネットを始めようと 思っています“ dengan keadaan pengajar
berperan sebagai tokoh 小川
dan mahasiswa berperan sebagai tokoh ミラー lalu dibalik perannya.
|
5分
|
6
|
会話 “ インターネットを始めようと思っています“ の 繰り返し 2
|
Mengulang contoh percakapan
singkat berjudul “インターネットを始めようと 思っています“ dengan keadaan deretan mahasiswa di sebelah kanan pengajar
berperan sebagai tokoh 小川 dan mahasiswa di sebelah kiri pengajar berperan sebagai tokoh ミラー lalu dibalik perannya.
|
5分
|
7
|
会話 “ インターネットを始めようと思っています“ に関しての質問
|
Melemparkan
pertanyaan kepada mahasiswa tentang 会話 “ インターネットを始めようと思っています“
yang telah diulas bersama.
|
5分
|
8
|
練習C (1)
A:ああ、疲れた。
B:じゃ、どこかで少し休もう。
A:あの 喫茶店に入らない?
B:うん、そうしよう。
|
Menjelaskan
dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata kerja kehendak (意向形) yang telah
dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:ああ、疲れた。
B:じゃ、どこかで少し休もう。
A:あの 喫茶店に入らない?
B:うん、そうしよう。
|
5分
|
9
|
練習C (1) の 答え合わせ
|
Meminta
beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C
(1) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya
bersama-sama.
|
5分
|
10
|
練習C (2)
A:その本はもう読みましたか。
B:いいえ、まだ読んでい
ません。今晩読もうと思って
います。
A:じゃ、読んだら、貸して
いただけませんか。
B:いいですよ。
|
Menjelaskan
dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata ~おう、よう (意向形) と思っています dan ~まだVていませんyang telah
dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:その本はもう読みましたか。
B:いいえ、まだ読んでいません。
今晩読もうと思っています。
A:じゃ、読んだら、貸していただけ
ませんか。
B:いいですよ。
|
5分
|
11
|
練習C (2) の 答え合わせ
|
Meminta
beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C
(2) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya
bersama-sama.
|
10分
|
12
|
練習C (3)
A:来月福岡に転勤します。
B:そうですか。大変ですね。
住む所はどうするんですか。
A:会社の近くのアパートを
借りるつもりです。
|
Menjelaskan
dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata ~Vる / なつもりです yang telah
dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:来月福岡に転勤します。
B:そうですか。大変ですね。住む所は
どうするんですか。
A:会社の近くのアパートを借りる
つもりです。
|
5分
|
13
|
練習C (3) の 答え合わせ
|
Meminta
beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C
(3) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya
bersama-sama.
|
10分
|
14
|
練習C (1),(2),(3) に関しての質問
|
Melemparkan
pertanyaan kepada mahasiswa tentang練習C
(1),(2),(3) yang telah diulas bersama.
|
5分
|
15
|
会話の宿題
|
Memberikan
tugas kepada mahasiswa secara kelompok (2-3 orang) untuk membuat percakapan
sederhana yang memuat pola-pola kalimat bab 31 serta dipresentasikan pada
pertemuan kedepannya.
|
5分
|
Sumber : Perkuliahan Sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar