Senin, 08 Agustus 2016

Contoh RPS Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Jepang

Contoh RPS Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Jepang


Selamat malam, sahabat cerdas! Lama tak jumpa ya. Kali ini admin akan membagikan contoh RPS mata kuliah Pengajaran Bahasa Jepang. Mata kuliah ini merupakan sebuah pengantar awal yang sedehana untuk mahasiswa atau siapapun yang ingin mengajar bahasa Jepang. Check it out!!!

Contoh RPS Mata Kuliah Pengajaran Bahasa Jepang

RPS MK. PENGAJARAN BAHASA JEPANG
(日本語教授法)
SEMESTER GENAP 2015/2016

NAMA MATA KULIAH : PENGAJARAN BAHASA JEPANG
KODE MATA KULIAH  : SBJ 4044
SEMESTER                     : 6
SKS                                    : 2 + 1 (PRAKTIKUM)
DOSEN PENGAMPU      : ISMATUL KHASANAH, M.Ed., Ph.D.
EMAIL                              : hasanah_rahendy@yahoo.co.jp
PHONE                              : 081-55-303030-2

1. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan dasar pengetahuan tentang teknik belajar dan mengajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing, manajemen kelas, dan menyusun rencana pengajaran bahasa Jepang, evaluasi hasil belajar, serta strategi pengajaran yang tepat. Proses pembelajaran akan dilakukan dengan (1) proses tatap muka 2 sks dan praktikum 1 sks.  (2) siswa diberikan tugas mandiri untuk membuat rencana pengajaran dengan topik yang sudah ditentukan bersama lalu mempraktekkan mengajar di depan kelas buatan dengan strategi yang tepat dimana rekan mahasiswa yang lain menjadi pembelajar. (3) siswa latihan mengajar di depan kelas buatan dan dibimbing untuk menganalisa masalah yang timbul yang mungkin muncul dalam proses pengajaran dengan variasi permasalahan yang sengaja diciptakan untuk melatih daya analisa dan memberikan solusi yang tepat. (4) siswa dilatih untuk mampu mengajar 4 bidang kemampuan berbahasa antara lain mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. 言語4技能

2. BAHAN KAJIAN
Teknik dan pengajaran bahasa, pengajaran keterampilan berbahasa, evaluasi hasil belajar, membuat bahan ajar, menilai hasil belajar.

3. PENILAIAN
Presensi           : 10% 
Kuis                 : 15%   教案 (kyouan)
Tugas               : 20%   Presentasi
UTS                 : 25%  
UAS                : 30%  


4. JADWAL PERKULIAHAN
NO
WAKTU
KETERANGAN
担当者
1
Selasa, 16 Feb 2016
Pengantar Perkuliahan; Dasar-dasar Metodologi Pengajaran Bahasa Jepang; Pembagian tugas

2
Selasa, 23 Feb 2016
文法1・会話1
Ivan – Brian
3
Selasa, 1 Maret  2016
文法2・会話2
Axcel – Ficky
4
Selasa, 8 Maret  2016
文法3・会話3
Inna – Bintang
5
Selasa, 15 Maret  2016
文法4.会話4
Mai - Taufiq
6
Selasa, 22 Maret  2016
文法5.会話5
Asiah – Intan
7
Selasa, 29 Maret  2016
文法6・会話6
Yeni – Sri
8
UTS 4 sd 15 Apr. 2016


9
Selasa, 19 Apr. 2016
文法7・会話7
Anita - 1
10
Selasa, 26 Apr. 2016
文法8・会話8
2-3
11
Selasa, 3 Mei 2016
文法9・会話9
4-5
12
Selasa, 10 Mei 2016
文法10・会話10
Yang perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
13
Selasa, 17 Mei 2016
文法11・会話11
Yang perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
14
Selasa, 24 Mei 2016
文法12・会話12
Yang perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
15
Selasa, 31 Mei 2016
文法13・会話13
Yang perlu maju lagi dari evaluasi bersama 2 orang (1)
16
UAS 13 sd 24 Jun 2016



5. BUKU AJAR/REFERENSI
Minna no Nihongo 1
Minna no Nihongo 2
Dasar-dasar metodologi Bahasa Jepang
『日本語教授法』

教案
Rencana Pengajaran

担当教師        Moh. Ridhouddin Y.                                  教科書名        :『みんなの日本語2』
科目名            :会話第31                                              日日               2016329

No
話題
導入
時間(~分)
1
第31課の文法の簡単な復習
Masuk pada materi awal, yaitu mengulas kembali sedikit tentang tata bahasa bab 31, yaitu tentang:
  1. Pola biasa bentuk kata kerja kehendak (意向形) yang memiliki fungsi untuk menyatakan keinginan orang yang berbicara. Pola ini juga dapat digunakan untuk mengundang orang yang diajak berbicara untuk melakukan sesuatu bersama-sama, atau untuk mendesak orang yang diajak berbicara untuk melakukan sesuatu. Pola bentuk kata kerja kehendak (意向形) yang sudah dipelajari pada bab sebelumnya yaitu ~ましょう diubah menjadi~おう、よう。
Contoh: 行きましょう行こう、見ましょう見よう、しましょうしよう, dll.
  1. Pola ~おう、よう (意向形)      思っています yang memiliki fungsi untuk menunjukkan keinginan yang dimiliki/dipikirkan seseorang sejak dulu sampai sekarang. Contoh:
行こうと思っています、見ようと思っています、しようと思っています, dll.
  1. Pola ~まだVていません yang memiliki fungsi untuk menunjukkan kegiatan/aktivitas seseorang yang sedang dikerjakan dan belum selesai. Contoh:
まだ出していません、まだ書いていません, dll.
  1. Pola V / なつもりです yang memiliki fungsi untuk menunjukkan niat kuat yang dipunyai seseorang dalam melakukan sesuatu. Contoh:
ずっと日本に住むつもりです、 国へ帰らないつもりです, dll.
  1. Pola V / Nの予定です yang memiliki fungsi untuk menunjukkan sebuah rencana yang akan dilaksanakan seseorang. Contoh:
明日支店へ行く予定です、来週は出張の予定です, dll.
5
2
例文
·      疲れたね。ちょっと休まない?
…うん、そうしよう
·      お正月は何をしますか。
…家族と温泉に行こうと思っています
それはいいですね。
·      レポートはもうできましたか。
…いいえ、まだ書いていま     せん。金曜日までにまとめようと思っています
·      ハンス君は国へ帰っても、柔道を続けますか。
…はい、続けるつもりです。
·      夏休みは国へ帰らないんですか。
…ええ。大学院の試験を受け ますから、今年は帰らない     つもりです。
·      明日からニューヨークへ出張します。
…そうですか。いつ帰りますか。
来週の金曜日に帰る予定です。
Meminta mahasiswa untuk membaca 例文 bersama – sama dari nomor 1 sampai 6 sambil mengulas tata bahasa dan kosa kata yang ada untuk memantapkan pemahaman mahasiswa tentang tata bahasa bab 31 yang telah dipelajari sebelumnya dan melatih kemampuan berbicara mahasiswa.
  • しよう
  • ~行こうと思っています
  • ~まだ書いていません
  • ~までにまとめようと思っています
  • ~続けるつもり
  • ~帰らないつもり
  • ~帰る予定
10
3
例文に関しての質問
Melemparkan pertanyaan kepada mahasiswa tentang例文 yang telah diulas bersama.
5
4
会話 インターネットを始めようと思っています
Membaca bersama-sama contoh percakapan singkat berjudul インターネットを始めようと思っていますyang memuat materi utama tentang kata kerja bentuk kehendak (意向形) serta mengulas tata bahasa dan kosa kata yang ada dalam percakapan tersebut untuk memantapkan pemahaman mahasiswa tentang tata bahasa bab 31 yang telah dipelajari sebelumnya dan melatih kemampuan berbicara mahasiswa.
5
5
会話 インターネットを始めようと思っています 繰り返し 1
Mengulang contoh percakapan singkat berjudul インターネットを始めようと  思っています“ dengan keadaan pengajar berperan sebagai tokoh 小川 dan mahasiswa berperan sebagai tokoh ミラー lalu dibalik perannya.
5
6
会話 インターネットを始めようと思っています 繰り返し 2
Mengulang contoh percakapan singkat berjudul “インターネットを始めようと   思っています“ dengan keadaan deretan mahasiswa di sebelah kanan pengajar berperan sebagai tokoh 小川 dan mahasiswa di sebelah kiri pengajar berperan sebagai tokoh ミラー lalu dibalik perannya.
5
7
会話 インターネットを始めようと思っていますに関しての質問
Melemparkan pertanyaan kepada mahasiswa tentang 会話 インターネットを始めようと思っています“ yang telah diulas bersama.
5
8
練習C (1)
A:ああ、疲れた
B:じゃ、どこかで少し休もう
A:あの 喫茶店に入らない?
B:うん、そうしよう
Menjelaskan dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata kerja kehendak (意向形) yang telah dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:ああ、疲れた
B:じゃ、どこかで少し休もう
A:あの 喫茶店に入らない?
B:うん、そうしよう
5
9
練習C (1) 答え合わせ

Meminta beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C (1) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya bersama-sama.
5

10
練習C (2)
A:そのはもう読みましたか。
B:いいえ、まだ読んで
      ません。今晩読もうと思って        
      います
A:じゃ、読んだら、貸して
       いただけませんか。
B:いいですよ。
Menjelaskan dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata ~おう、よう (意向形) と思っています dan ~まだVていませんyang telah dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:そのはもう読みましたか。
B:いいえ、まだ読んでいません
      今晩読もうと思っています
A:じゃ、読んだら、貸していただけ
       ませんか。
B:いいですよ。
5

11
練習C (2) 答え合わせ

Meminta beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C (2) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya bersama-sama.
10

12
練習C (3)
A:来月福岡に転勤します。
B:そうですか。大変ですね。 
       住む所はどうするんですか。
A会社の近くのアパートを
       借りるつもりです。
Menjelaskan dan mengulas bersama-sama pola bentuk kata V / なつもりです yang telah dipelajari dan menerapkannya dalam latihan percakapan singkat. Contoh:
A:来月福岡に転勤します。
B:そうですか。大変ですね。住む所
       どうするんですか。
A会社の近くのアパートを借りる
       つもりです。
5

13
練習C (3) 答え合わせ

Meminta beberapa mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 練習C (3) seperti contoh yang telah diberikan sebelumnya dan mengulasnya bersama-sama.
10

14
練習C (1),(2),(3) に関しての質問
Melemparkan pertanyaan kepada mahasiswa tentang練習C (1),(2),(3) yang telah diulas bersama.
5

15
会話の宿題
Memberikan tugas kepada mahasiswa secara kelompok (2-3 orang) untuk membuat percakapan sederhana yang memuat pola-pola kalimat bab 31 serta dipresentasikan pada pertemuan kedepannya.
5


Sumber : Perkuliahan Sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar